Tidak bisa ditampikkan bahwa kehadiran perusahaan pada suatu daerah akan membawa angin segar bagi perkembangan daerah tersebut. Harapan akan peningkatan taraf hidup menjadi harapan penduduk sebagai dampak kehadiran perusahaan. Baik terkena dampaknya secara langsung maupun tidak langsung. Sehingga peran perusahaan dirasa memiliki peranan yang cukup tinggi terhadap perkembangan daerah dalam segi ekonomi dan sosial.

Tapi juga tidak dapat dipungkiri dampak negatifnya terhadap daerah. Contohnya perusahaan-perusahaan tambang yang melakukan eksploitasi seperti di Kalimantan, Sumatra, Irian Jaya dan lainnya. Tidak terbayangkan oleh kita dampak ke depan yang ditimbulkan oleh perusahaan tersebut jika sudah tidak beroperasi lagi. Dampak ekonomi, sosial maupun lingkungan yang terkena imbasnya secara langsung akibat operasional pertambangan. Entah bagaimana bentuk medan hasil operasional pertambangan mereka. Kawasan yang dulunya dipenuhi pepohonan kini musnah, hanya tinggal hamparan tanah kosong yang tandus. Gunung-gunung yang pernah berdiri dengan kokoh kini hanya sebuah lubang laksana lautan yang kering tak terisi air, tunduk di bawah alat-alat berat yang menggerogoti tubuhnya dengan cakarnya yang besar dan tajam, diinjak-injak mobil-mobil pengangkut mineral-mineral hasil bumi.

Mungkin bayangan seperti itu jarang terlintas dalam benak mereka yang merasakan dampak kehadiran perusahaan, atau lebih sedihnya lagi jika tidak pernah terpikirkan oleh mereka walau sedetik pun. Karena dibungkam uang yang mengisi kocek mereka setiap bulan, barang-barang mewah yang kini mengisi rumah mereka dan pakaian yang menghiasi tubuh mereka yang dulunya lusuh.

Sesungguhnya, hal-hal negatif yang akan terjadi akibat operasional pertambangan dapat diminimalisir sedini mungkin jika ada antisipasi dari awal. Hendaknya pemerintah daerah maupun organisasi masyarakat dapat menekan perusahaan agar melaksanakan pengelolaan dan pengendalian lingkungan yang baik dan ikut melakukan pengawasan serta evaluasi. Sehingga ada lingkungan baru sebagai pengganti lingkungan yang terkena dampak eksploitasi. Walaupun hal ini tidak dapat menggantikan kondisi awal, tapi setidaknya hal yang nampak kecil ini dapat menjadi awal terbentuknya kesadaran terhadap lingkungan demi masa depan kita.